SISTEM INFORMASI TRANSAKSI POS INTERNASIONAL DI KANTOR POS KUDUS

  • Alya Arthasya Politeknik Pos Indonesia
  • Supono S.T., M.T Politeknik Pos Indonesia
  • Maniah S.Kom., M.T Politeknik Pos Indonesia

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) adalah salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dibidang keuangan dan jasa pos. Hampir seluruh kegiatan pekerjaan di PT. Pos Indonesia telah dilakukan by system. Namum khusus untuk penanganan penerimaan dan pembayaran yang terdapat pada pos internasional yang ditangani oleh kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pos masih dilakukan secara manual, hal itu menyebabkan sulitnya Manajer Proses dan Antaran di UPT Kantor Pos dalam mengawasi masa tahan kiriman, besar uang penyelesaian dan juga proses pengiriman laporan kepada Regional. Untuk menggambarkan hasil analisis proses yang terjadi pada perusahaan digunakan BPMN (Business Process Model and Notation). Untuk mendukung proses perancangan sistem informasi transaksi pos internasional ini digunakan bahasa pemrograman VB.Net dengan perancangan basis data menggunakan database SQL Server. Pada tahap perancangan data dan sistem informasi dihasilkan perancangan proses sistem yang digambarkan dengan digambarkan dengan UML (Unified Modeling Language). Pada tahap pengujian, sistem diuji sesuai dengan teknik dan strategi pengujian. Dalam hal ini pengujian sistem menggunakan teknik Black Box.

Published
Sep 14, 2018
How to Cite
ARTHASYA, Alya; S.T., M.T, Supono; S.KOM., M.T, Maniah. SISTEM INFORMASI TRANSAKSI POS INTERNASIONAL DI KANTOR POS KUDUS. Improve, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 16-20, sep. 2018. ISSN 1979-8342. Available at: <http://journal.poltekpos.ac.id/ojs-3/index.php/improve/article/view/336>. Date accessed: 26 apr. 2019.